Suport By : RIZKY KOMPUTER Jl. Mastrip Beji Boyolangu Tulungagung Melayani : Pengetikan, Rental, Servis, Scaner, Jual Beli, Shooting & Editing Video HP. 081335991179 (rizky komputer@totok.subianto@yahoo.com)

Senin, 15 Februari 2010

PROTEIN

PROTEIN

Protein merupakan zat makanan yang berfungsi sebagai zat pembangun dan berperan sebagai bahan pembangun sel-sel baru bagi pembangunan jaring-jaring tubuh. Bisa dikatakan bahwa protein sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia. Pada waktu sakit, banyak bagian sel-sel tubuh kita yang rusak. Dengan banyak memakan makanan yang mengandung protein, bagian tubuh kita yang rusak akibat sakit akan segera pulih kembali.

Protein berfungsi sebagai komponen struktural dan fungsional. Fungsi struktural berhubungan dengan fungsi pembangun tubuh dan pengganti sel-sel yang rusak. Fungsional berkaitan dengan fungsinya sebagai komponen proses-proses biokimia seperti hormon dqan enzim. Protein juga berfungsi untuk pertumbuhan jasmani. Bayi yang semula kecil dan lemah akan tumbuh besar dan sehat karena jaringan-jaringan baru berkembang dengan baik dalam tubuh. Protein disebut juga zat putih telur. Zat itu terdapat pada tumbuhan dan hewan. Sumber protein yang berasal dari tumbuhan disebut protein nabati. Protein nabarti biasanya terdapat pada kacang-kacangan, jagung, tempe, tahu, dan sayur-sayuran. Sedangkan sumber protein yang berasal dari hewan disebut protein hewani yang terdapat dalam susu, hati, ayam, ikan, udang, daging, dan keju.

Selama proses pencernaan protein akan diubah menjadi pepton dengan bantuan enzim pepsin di dalam lambung. Kemudian pepton akan diubah menjadi asam amino dengan bantuan enzim tripsin di dalam usus halus. Asam amino inilah yang akan diserap oleh tubuh. Sama seperti karbohidrat, setiap 1 gram protein dapat menghasilkan energi sebesar 17 kilo joule. Kekurangan protein dapat menyebabkan penyakit busung lapar. Yaitu penyakit yang biasa dialami anak-anak karena kurang gizi.

Suport By : RIZKY KOMPUTER Jl. Mastrip Beji Boyolangu Tulungagung Melayani : Pengetikan, Rental, Servis, Scaner, Jual Beli, Shooting & Editing Video HP. 081335991179


Tidak ada komentar:

Posting Komentar